20 June 2013

Aktifitas Alumni

Sosok alumni adalah sosok yang diharapkan dari hasil pembelajaran yang telah diterapkan selama berada dalam almamater tertentu. Dalam hal ini alumni SMK Lebak Bulus adalah sosok dari apa yang diharapkan dari sebuah sekolah yang telah mendidik para siswanya selama 3 tahun.
Pencapaian nilai akhir tentu bukan semata-mata tugas dari SMK Lebak Bulus Semata, namun sebuah nilai dapat dirasakan manfaatnya bila seorang alumni dapat mengingat darimana sumber manfaat itu berasal. Nilai yang didapat tentu saja bukan hanya nilai-nilai akademisi yang tercantum dalam raport siswa atau prestasi lainnya. Nilai-nilai non akademisi yang tiap kali dirasa sebagai sebuah atmosfir jiwa. Sebut saja hubungan jiwa antara guru dengan guru atau guru dengan siswanya, siswa dengan siswa, dan atmosfir lain yang ada dilingkup sekolah. Kesemuanya menghasilkan sebuah hubungan yang harmonis yang selalu dapat diingat.


Semua yang telah terlewat di SMK Lebak Bulus baik suka atau tidak suka, itu telah menjadi bagian dari diri alumni. Nilai Positif atau negatif yang terkandung didalamnya menjadi sebuah nilai kesatuan yang utuh untuk dapat diingat dan diperbaiki untuk kemajuan SMK Lebak Bulus kedepannya.
Sosok alumni juga berfungsi sebagai nilai evaluasi, dengan perhitungan semakin banyak alumni yang dapat bekerja maka semakin berhasil visi misi dari yang diharapkan. Perihal kegiatan alumni baik yang sudah bekerja ataupun belum, baik yang sudah menikah ataupun belum. Alumni kini memiliki beberapa kegiatan yang positif. beberapa diantaranya sudah berjalan dengan baik dan sedang yang lainnya masih dalam tahap pengembangan.  Kegiatan tersebut antara lain :

Berbagi Informasi Seringkali kita kesulitan untuk mencari informasi yang kita butuhkan, baik yang bersifat personal maupun sosial. Dalam kegiatan berbagi informasi ini alumni dapat berbagi dalam media – media yang ada, contoh : media pertemanan di Facebook, di media tersebut alumni telah memiliki sebuah grup alumni yang di beri nama ” Alumni SMK Lebak Bulus ” grup tersebut memiliki memuat informasi yang dapat didiskusikan oleh para alumni dan saling bertegur sapa.
Berbagi Pengalaman
Orang bijak berkata ” Pengalaman adalah guru yang terbaik “, telah banyak yang telah dialami oleh para alumni sejak berada dalam lingkungan sekolah sampai detik ini. Tentunya pengalaman telah menghantarkan para alumni kedalam situasi berbeda. Ada pengalaman yang membuat alumni mengalami kondisi yang membaik adapula pengalaman yang membuat alumni mengalami kondisi yang memburuk. yang baik dan buruk akan menjadi hal yang berarti bagi para alumni untuk mencapai sebuah pengalaman baru yang lebih baik.
Berbagi Keterampilan Keterampilan yang dimiliki acapkali menjadi sebuah poin penting bagi kita yang sedang menjalani profesi kita di dunia kerja. Namun bagi mereka yang ingin mencoba keterampilan lain tak ada salahnya untuk saling melatih sesama rekan alumni. Keterampilan yang dimiliki adalah sebuah kesempatan untuk menerobos dunia kerja yang baru. 
Sosialita Sosialita adalah sebuah wujud nyata dari alumni untuk membantu sesama. Diyakini poros kehidupan ini kadang ada yang diatas maupun kadang  ada yang dibawah, ada yang senang ataupun susah. Bagi yang mendapatkan kesenangan tentunya dapat menolong rekannya yang sedang mengalamai kesusahan atau kesulitan. —————————————— alumnismklebakbulusjakarta@gmail.com

No comments:

Post a Comment